STKIP KUSUMA NEGARA
CIJANTUNG - JAKARTA TIMUR
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
JURUSAN : Pendidikan Bahasa Inggris
MATA KULIAH : Teaching English of Foreign Language (TEFL 1 )
BOBOT : 2 SKS
TUJUAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang beberapa metode pengajaran
bahasa yang dikenal di Eropa dan Amerika maupun yang dipahami di
Indonesia.
Pertemuan I
Pokok Bahasan :The understanding of language
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metode : Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, diskusi
Sumber : Richards, J.C, and Theodores Rodgers, Approaches and Methods in Language Teaching, Cambridge, London, 1986.
Pertemuan II
Pokok Bahasan :Conceptual understanding of language teaching terms
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian konsep pengajaran bahasa
Waktu : 1 x 150 mnt
Metode :s.d.a
Sumber :Freem, Diane Larsen, Techniques and Principles in Language Teaching, Oxford, London, 1986.
Pertemuan III
Pokok Bahasan :Conceptual understanding of language teaching terms
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian konsep pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metode :s.d.a
Sumber :Widdows, H.G, Teaching Language as Communication, Oxford, London, 1978.
Pertemuan IV
Pokok Bahasan : A brief history of foreign language teaching
Deskripsi Materi : Mahasiswa dapat memahami sejarah singkat pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Bell, Roger T, Applied Linguistics, 1981.
Pertemuan V
Pokok Bahasan :A brief history of foreign language teaching
Deskripsi Materi:Mahasiswa dapat memahami sejarah singkat pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Bambang, Setiyadi, dkk. Tefl 1, Penerbit Univ.Terbuka,Jakarta, 2007
Pertemuan VI
Pokok Bahasan :Approach, methods, technique
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pendekatan, metode dan teknik mengajar bahasa Inggris
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Prof.Dr. Muljanto Sumardi, M.A. dan Nida Husna M.Pd, Metode Pengajaran Bahasa Asing, UIN Jakarta, Jakarta.
Pertemuan VII
Pokok Bahasan :The nature of approaches and methods in language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pendekatan dan metode alami dalam pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : s.d.a
Pertemuan VIII
UTS
Pertemuan IX
Pokok Bahasan :Grammar Translation Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Grammar Translation Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metode :Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, diskusi
Pertemuan X
Pokok Bahasan :Direct Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Direct Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : :s.d.a
Pertemuan XI
Pokok Bahasan :Direct Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Direct Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XII
Pokok Bahasan :Oral approach and situation language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengajaran bahasa melalui pendekatan oral dan situasi
Waktu : 1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XIII
Pokok Bahasan :Oral approach and situation language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengajaran bahasa melalui pendekatan oral dan situasi
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : s.d.a
Pertemuan XIV
Pokok Bahasan :Audio Lingual Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Audio Lingual Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XV
Pokok Bahasan : Audio Lingual Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Audio Lingual Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XVI
UAS
JURUSAN : Pendidikan Bahasa Inggris
MATA KULIAH : Teaching English of Foreign Language (TEFL 1 )
BOBOT : 2 SKS
TUJUAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang beberapa metode pengajaran
bahasa yang dikenal di Eropa dan Amerika maupun yang dipahami di
Indonesia.
Pertemuan I
Pokok Bahasan :The understanding of language
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metode : Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, diskusi
Sumber : Richards, J.C, and Theodores Rodgers, Approaches and Methods in Language Teaching, Cambridge, London, 1986.
Pertemuan II
Pokok Bahasan :Conceptual understanding of language teaching terms
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian konsep pengajaran bahasa
Waktu : 1 x 150 mnt
Metode :s.d.a
Sumber :Freem, Diane Larsen, Techniques and Principles in Language Teaching, Oxford, London, 1986.
Pertemuan III
Pokok Bahasan :Conceptual understanding of language teaching terms
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengertian konsep pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metode :s.d.a
Sumber :Widdows, H.G, Teaching Language as Communication, Oxford, London, 1978.
Pertemuan IV
Pokok Bahasan : A brief history of foreign language teaching
Deskripsi Materi : Mahasiswa dapat memahami sejarah singkat pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Bell, Roger T, Applied Linguistics, 1981.
Pertemuan V
Pokok Bahasan :A brief history of foreign language teaching
Deskripsi Materi:Mahasiswa dapat memahami sejarah singkat pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Bambang, Setiyadi, dkk. Tefl 1, Penerbit Univ.Terbuka,Jakarta, 2007
Pertemuan VI
Pokok Bahasan :Approach, methods, technique
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pendekatan, metode dan teknik mengajar bahasa Inggris
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Sumber :Prof.Dr. Muljanto Sumardi, M.A. dan Nida Husna M.Pd, Metode Pengajaran Bahasa Asing, UIN Jakarta, Jakarta.
Pertemuan VII
Pokok Bahasan :The nature of approaches and methods in language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pendekatan dan metode alami dalam pengajaran bahasa
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : s.d.a
Pertemuan VIII
UTS
Pertemuan IX
Pokok Bahasan :Grammar Translation Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Grammar Translation Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metode :Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, diskusi
Pertemuan X
Pokok Bahasan :Direct Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Direct Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : :s.d.a
Pertemuan XI
Pokok Bahasan :Direct Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Direct Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XII
Pokok Bahasan :Oral approach and situation language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengajaran bahasa melalui pendekatan oral dan situasi
Waktu : 1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XIII
Pokok Bahasan :Oral approach and situation language teaching
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami pengajaran bahasa melalui pendekatan oral dan situasi
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda : s.d.a
Pertemuan XIV
Pokok Bahasan :Audio Lingual Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Audio Lingual Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XV
Pokok Bahasan : Audio Lingual Method
Deskripsi Materi :Mahasiswa dapat memahami Audio Lingual Method
Waktu :1 x 150 mnt
Metoda :s.d.a
Pertemuan XVI
UAS
1 comments:
thanks 4 information
Posting Komentar